loading

MEA
MASYARAKAT EKONOMI ASEAN

LIPUTAN KHUSUS

Masyarakat Ekonomi ASEAN


Januari 2016, Masyarakat Ekonomi ASEAN mulai diberlakukan. Apakah Indonesia sudah siap? Apakah kita bisa memperoleh manfaat, atau justru kita akan tergilas karena kalah bersaing? Seberapa kekuatan kita, dan bagaimana pula peta kekuatan negara-negara tetangga? Apa saja peluang yang terbuka dalam MEA, dan bagaimana kita bisa memanfaatkannya ? Untuk tahu jawabannya, yuk gali lebih dalam tentang MEA dalam beragam tulisan dan data-data yang kami sajikan dalam Liputan Khusus ini.

Jalan Panjang Menuju Masyarakat Ekonomi ASEAN

Masyarakat Ekonomi ASEAN bukanlah sesuatu yang terjadi beberapa hari lalu. Pembentukan MEA sebenarnya sudah berlangsung bertahun-tahun lalu. Bagaimana sejarah pembentukannya? Ada bentuk kerjasama apa saja di ASEAN ini? Apa beda MEA dengan Uni Eropa?

PETA KEKUATAN ANGGOTA ASEAN

Waktu negara-negara di Asia Tenggara bersatu membentuk Masyarakat Ekonomi ASEAN, ada begitu banyak macam ragam kekuatan yang bersatu. Negara mana saja yang perekonomiannya paling kuat? Siapa saja yang paling siap menghadapi MEA?

Kebijakan dan regulasi/deregulasi untuk MEA

Komitmen 10 negara ASEAN untuk bersama membentuk masyarakat bersama membawa banyak konsekuensi. Bagaimana strategi dan peluang pelaku industri untuk menghadapi MEA? Apa saja pe er yang harus dikerjakan dan celah yang harus segera ditambal? Bagaimana kalau terjadi perselisihan?

Kesiapan Industri Hadapi MEA

Banyak yang mencibir terhadap kemampuan pelaku industri manufaktur Indonesia untuk bersaing dengan rekannya dari luar negeri. Apakah benar industri kita akan "layu" karena diserang industri negara tetangga? Apa saja kendala para pebisnis menghadapi MEA? Negara mana yang paling ditakutkan para pelaku bisnis?

Kesiapan Perbankan Indonesia memasuki MEA

Sebelum MEA bergulir, ada banyak bank di Indonesia sudah dimiliki oleh asing. Baik asing dari ASEAN maupun Asia lainnya dan Amerika, serta Eropa. Pada saat memasuki MEA di awal 2016, apa yang akan terjadi dengan perbankan "asli" buatan negeri ini? Negara mana di ASEAN yang akan menikmati MEA? Siapa yang akan menjadi bank raksasa di ASEAN?

Pasar modal Indonesia menghadapi MEA

Kebutuhan dana besar untuk berbagai pembangunan infrastruktur di ASEAN, membuat aliran bebas modal di kawasan ASEAN bisa menjadi suntikan pertumbuhan ekonomi ASEAN. Apa bentuk yang paling ideal untuk aliran modal di dalam masyarakat ekonomi ASEAN?

Pariwisata, devisa masuk atau devisa keluar

Banyak pemerintah mendorong perkembangan industri pariwisata, karena industri ini sangat cepat menggerakkan perekonomian dan membawa pertumbuhan industri kecil. Di ASEAN negara mana yang menjadi juara dalam industri pariwisata? Apa yang terjadi setelah adanya MEA?