JAKARTA. Sudah menjadi keinginan setiap orang untuk melakukan kunjungan wisata atau berlibur, baik di dalam negeri maupun ke luar negeri, dengan biaya yang sehemat mungkin alias murah.
Nah, jika Anda terkendala waktu yang singkat dalam merencanakan liburan, pilihan tercepat adalah memilih agen perjalanan yang terbaik. Tentunya, Anda harus jeli dalam membandingkan agen perjalanan mana yang memberikan paket lebih murah tanpa mengurangi fasilitas kepada konsumen.
Lain halnya jika Anda memiliki banyak waktu luang. Anda dapat mempersiapkan segala sesuatunya sendiri, mulai dari tiket pesawat atau kereta, hingga tempat penginapan. Jika jeli, Anda bisa menemukan sejumlah paket promo di mana potongan harganya bisa mencapai 70% lebih.
Penasaran ingin mengetahui bagaimana caranya? Pertama, Anda harus mengetahui sejumlah situs yang menawarkan penjualan dan penawaran tiket perjalanan serta akomodasi lainnya. Berikut beberapa situs yang dapat Anda coba.
TIKET.COM
Salah satu situs penjualan tiket terlengkap yang dapat Anda lirik adalah www.tiket.com. Di situs ini, tersedia berbagai macam layanan mulai dari penjualan tiket pesawat, kereta api, hotel, bahkan konser musik dan film.
Menurut Natali Ardianto, Chief Operational Officer tiket.com, saat ini, tingkat permintaan pemesanan tiket perjalanan melalui situsnya meningkat sangat pesat. Khusus untuk tiket pesawat terbang, misalnya, pertumbuhannya per bulan mencapi 70%. "Kami bisa melayani 800 pemesanan tiket per hari," ungkap Natali.
Melihat pertumbuhan bisnis penjualan tiket online yang cukup besar, tiket.com lantas menggandeng sejumlah pihak mulai dari maskapai, operator kereta api, dan hotel. Sejak dikembangkan pada Agustus 2011, pihak tiket.com sudah bekerjasama dengan lima maskapai penerbangan (Batavia Air, Sriwijaya Air, Lion Air, Garuda Indonesia, dan Merpati), PT Kereta Api Indonesia, dan 900 hotel yang tersebar di Indonesia. Dengan menggandeng banyak pihak, Natali berharap pengguna tiket.com mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan penawaran yang terbaik. Di situs ini, ada 60 destinasi lokal yang ditawarkan.
Natali mengklaim, ada beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh tiket.com ketimbang situs yang menawarkan layanan serupa lainnya. Pertama, pengguna dapat langsung melakukan transaksi di situs tiket.com tanpa harus diarahkan ke website maskapai atau hotel. “Ini tidak ditawarkan oleh situs lain. Biasanya, untuk transaksi, mereka akan mengarahkan ke situs yang dipilih pelanggan,” jelasnya.
Kedua, untuk pemesanan tiket kereta api, pengguna dapat memilih sendiri lokasi tempat duduk yang diinginkan. “Di situs lain tidak bisa memilih. Lebih enak kan?” promosi Natali. Bahkan, biaya transfer yang dikenakan kepada pelanggan oleh tiket.com lebih murah dibanding PT KAI, yakni Rp 5.000 berbanding Rp 22.000.
Ketiga, tiket.com menerapkan sistem keamanan yang baik dengan menggandeng bank-bank yang sudah terkenal reputasinya. “Sehingga untuk fraud di tiket.com sangat tidak mungkin terjadi,” tegasnya.
Hingga saat ini, user atawa pengguna ticket.com sudah mencapai 50.000 user. Ini merupakan paying customer yang sebelumnya sudah aktif melakukan transaksi. Ke depannya, Natali menargetkan mampu mendongkrak jumlah user tiket.com.
Sejumlah strategi pun sudah dipersiapkan. Salah satunya dengan melakukan ekspansi ke kawasan regional, dengan target pertama negara ASEAN pada tahun depan. Dengan strategi ini, tiket.com menargetkan user akan meningkat menjadi 600.000 user.
Namun, Natali mengaku, untuk pengembangan bisnis ini bukan hal yang mudah dilakukan. Ada beberapa kendala yang kerap dia temui. Salah satu yang paling utama adalah membuat masyarakat mengetahui mengenai layanan tiket.com. Apalagi, persaingan cukup ketat saat ini. Itu sebabnya, tiket.com selalu mengutamakan pelayanan.
Dia mencontohkan, untuk penjualan voucher hotel, ticket.com mengaku memberikan penawaran lebih murah ketimbang dengan situs lain. “Kalau sampai ada harga yang kami tawarkan lebih mahal, kami bisa membantu menurunkan harganya. Kami akan meminta langsung ke hotel terkait,” janjinya.
Nah, untuk mendapatkan tiket perjalanan atau voucher hotel yang murah, ada sejumlah tips yang dapat dilakukan. Salah satunya, memperhatikan dengan baik penawaran atau promo yang tertera di situs. Jika jeli memasang mata, pengguna bisa mendapatkan penawaran menarik seperti voucher hotel yang didiskon hingga 65% dan tiket kereta api yang dipangkas 25%.
WEGO.COM
Anda juga dapat hunting informasi mengenai tiket perjalanan dan voucher hotel murah di wego.co.id. Sekadar informasi, berbeda dengan tiket.com yang menjual tiket atau voucher, situs wego.co.id hanya menyediakan perbandingan harga tiket perjalanan, voucher hotel, dan paket wisata di lebih dari 150 situs travel.
"Saat user atau pengguna menemukan penawaran yang sesuai, kami akan mengarahkan mereka kepada situs partner untuk menyelesaikan pemesanan mereka," jelas Graham Hills, Managing Director Indonesia Wego.
Wego sendiri memulai bisnisnya di Indonesia sejak tahun lalu. Menurut Graham, prospek pertumbuhan bisnis wego.co.id sangat baik. Dia beralasan, jumlah warga kelas menengah di Indonesia semakin banyak. Kondisi itu ditunjang dengan penurunan biaya perjalanan liburan, sehingga permintaan bisnis online travel kian tumbuh pesat.
Wego tertarik untuk ikut berpartisipasi dalam bisnis online travel di Indonesia karena dua hal. Pertama, keinginan masyarakat untuk mengeksplorasi Indonesia dan negara lainnya semakin meningkat. Kedua, Indonesia merupakan pasar bisnis perjalanan yang sangat besar. "Kami ingin memberikan kontribusi dengan membantu user untuk memperbandingkan opsi yang ada sehingga mereka bisa mendapatkan penawaran terbaik dan lebih terjangkau.
Dia mengklaim, sejak 2010 hingga 2011, jumlah user yang menggunakan Wego di Indonesia melonjak hingga 180%. "Kami optimistis untuk tahun ini pertumbuhannya juga akan pesat," jelasnya.
Untuk tahun depan, Wego menargetkan pertumbuhan yang signifikan. Salah satu strategi yang dilakukan adalah dengan meluncurkan produk atau layanan baru bagi user Wego. Selain itu, Wego juga akan terus memasarkan produk-produk mereka melalui berbagai channel, baik online maupun offline, serta menggandeng berbagai pihak lokal dan luar negeri dalam pengembangan bisnis.
Jika ingin mendapatkan penawaran menarik di situs Wego, caranya sangat mudah. Untuk mencari tiket pesawat murah, misalnya. User hanya harus mengetik destinasi pada situs Wego dan Wego langsung memberikan sejumlah rekomendasi tiket murah yang dapat disesuaikan dengan kriteria masing-masing. Ini juga berlaku untuk layanan hotel dan paket wisata.
"Dengan Wego, user dapat menghemat dengan jumlah yang sangat signifikan, bahkan saat mencari tiket maskapai low cost carrier," kata Graham
Sekadar tambahan informasi, pertama kali, wego.com didirikan di Singapura. Setelah itu, ekspansi perusahaan berlanjut ke Indonesia dengan mendirikan wego.co.id pada Februari 2011. Dalam kurun waktu setahun, wego sudah diluncurkan di 52 negara dengan 30 bahasa sebagai bagian dari program globalisasi. Setiap situs didesain untuk memenuhi kebutuhan komunitas yang disasar.
Dengan menggunakan layanan ini, user dapat mencari penawaran tiket penerbangan dari 600 maskapai global, 350.000 hotel di seluruh dunia, membrowsing paket wisata, dan memilih ribuan dari penawaran perjalanan yang menarik. "Kami akan meluncurkan produk baru akhir tahun ini. So stay tune!" kata Graham.
Secara global, user Wego sudah mencapai 5 juta di mana Indonesia merupakan pasar terbesar dengan kontribusi mencapai 10%-15% per bulan.