Yuk intip mobil baru di IIMS 2012

Oleh: Asnil Bambani Amri, Melati Amaya Dori   |   19 September 2012   dibaca sebanyak 16054 kali

JAKARTA. Seperti biasa, ajang pameran mobil sudah menjadi ajang bagi produsen mobil atau agen tunggal pemegang merek (ATPM) memperkenalkan mobil baru mereka. Lewat pameran para ATPM adu konsep, teknologi, penampilan hingga adu peruntungan.

Siapa yang memiliki mobil dengan tawaran yang menarik, itulah yang diburu konsumen. Setidaknya, kompetisi terbuka itu bisa disaksikan di pameran mobil Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 yang berlangsung di Jakarta International Expo, Kemayoran mulai 20 – 30 September 2012.

Di ajang inilah, penggemar otomotif Indonesia menyaksikan mobil baru, sekaligus melihat inovasi produk hingga teknologinya. Lantas, siapa saja yang akan meluncurkan produk baru selama IIMS 2012 tersebut? Berikut KONTAN mengulasnya.

Toyota

Toyota berencana menghadirkan 30 unit kendaraan saat IIMS 2012. Selain mobil konsep, jagoan Toyota seperti Avanza Veloz dan Fortuner juga turut hadir. Termasuk robot yang pandai bermusik juga dipersiapkan menyapa pengunjung IIMS 2012.

Tak hanya itu, ada lima mobil baru Toyota Astra Motor (TAM) yang akan hadir di IIMS 2012. Berikut mobil baru dari Toyota itu:

Mobil pertama adalah, Toyota Agya. Mobil ini sudah diperkenalkan pada hari Rabu (19/9) lalu. Mobil ini diklaim sebagai kendaraan ramah lingkungan yang murah. Toyota Agya dipersiapkan untuk menyambut kebijakan pemerintah terkait kendaraan low cost green car (LCGC).

Mobil tipe kecil ini diklaim memiliki kandungan lokal 84%, dan diproduksi di pabrik Astra Daihatsu Motor di Indonesia. Prijono Sugiarto, Presiden Direktur PT Astra International Tbk selaku induk perusahaan TAM bilang, Toyota Agya didesain Mark Wijaya, karyawan PT Astra International Tbk.

Mobil ini dikabarkan memiliki mesin 1.000 cc, dan dibanderol di bawah harga Rp 100 juta." Agya akan diproduksi pertengahan Oktober," jelas Prijono. Sayangnya, Prijono belum mau mengungkap harga dari mobil kecil itu.

Mobil kedua dari Toyota adalah, New Hilux D-cab V versi otomatis. Mobil ini melengkapi varian dobel kabin Hilux yang sudah ada, yaitu Hilux tipe E dan G manual. "Kabin ganda ini bisa menjadi kendaraan segala medan, sekaligus memberi kesan gagah dan sporty sebagai kendaraan pribadi," jelas Johnny Darmawan, Presiden Direktur TAM di Jakarta.

Dari sisi tenaga, tipe baru Hilux sama dengan dua tipe sebelumnya. Bedanya, interior Toyota terbaru ini dibekali tombol pengatur audio di setir dan menggunakan layar multi informasi (MID) pada dasbor.

Perbedaan lainnya adalah; pemakaian jok kulit disertai pengatur jok elektrik 6 arah dan pemakaian pelek 17 inci. Mobil ini tersedia delapan warna, Super White II, Silver Metallic, Silky Gold Mica Metallic, Dark Steel Mica, Black Mica, Dark Grey Mica Metallic, Blue Metallic, dan Super Red II. Mobil ini dibanderol Rp 357,8 juta. Sejak awal tahun sampai Agustus, Hilux terjual sebanyak 8.339 unit.

Mobil ketiga adalah, New Prius dan New Prius C (Aqua). Mobil ini dipersiapkan Toyota sebagai mobil irit dengan teknologi hibrida. Khusus Prius C, diklaim sebagai mobil paling irit dari Toyota karena menggunakan teknologi Toyota Hybrid System II (THS II).

Prius C ini mengusung mesin 1,5 liter dan menggunakan motor listrik. Menurut penelitian pemerintah Jepang, Prius C mampu Konsumsi bahan bakar 34,5 km per liter. Sementara itu new Prius mengusung mesin 1,8 liter.

Soal harga, New Prius C atau Aqua dibanderol 1,59 juta yen. Sedangkan new Prius ditawarkan harga 2,17 juta yen. Soal harga di Indonesia, Toyota baru merilisnya saat IIMS 2012 digelar.

Mobil keempat adalah, New FJ Cruiser. Mobil ini bakal menjadi andalan Toyota di segmen sport utility vehicle (SUV) mewah. Joko Trisanyoto, Direktur Pemasaran TAM bilang, FJ Cruiser akan mengisi pasar SUV di atas segmen pasar Toyota Fortuner.

FJ Cruiser mengusung mesin 1GR-FE berkapasitas 4.000 cc. Mesin ini memiliki teknologi Double Variable Valve Timing-intelligent (DVVTi ) dengan lima percepatan. Kendaraan ini dirancang menghadapi medan berat on road atau off-road.

Mobil ini bisa menggunakan 4x2 atau 4x4 bergantian walaupun kendaraan sedang melaju di jalanan. Soal harga. Joko belum mau angkat bicara. Namun informasi yang beredar, mobil SUV premium ini akan dibanderol di atas Rp 600 juta. Bulan Agustus lalu, TAM sudah mencatat penjualan 7 unit.

Mobil kelima adalah, New Hi Ace. Mobil khusus di segmen komersial ini untuk menyasar kebutuhan biro travel atau biro perjalanan. New Hi Ace yang mirip bus sedang ini memiliki kapasitas berpenumpang 10 orang.

"Pasar kendaraan jenis komersial ringan tumbuh, terutama dari agen perjalanan, hotel atau travel dari seperti dari bandara ke hotel, juga untuk wisata," jelas Joko. New Hi Ace adalah mobil impor dari Jepang yang memiliki mesin di 2.500 cc.

Ford

Tak mau kalah dengan mobil Jepang, mobil asal negara Uwak Sam ini memperkenalkan mobil baru di ajang IIMS 2012. Ford menghadirkan produk terbaru mereka, yaitu all new Focus yang diproduksi di Thailand.

Bagus Susanto, Managing Director PT FMI Bagus Susanto bilang, peluncuran all new Focus baru berlangsung saat acara IIMS 2012, tetapi pemesanan unit bisa dilakukan jauh-jauh hari sebelumnya.

All new Focus terdiri dari dua varian, yaitu sedan dan hatchback. Mobil yang di produksi di Thailand itu memiliki dua pilihan bahan bakar, yakni diesel dan bensin. Selain itu, mobil ini juga memiliki dua pilihan mesin, yaitu 2 liter dan 1,6 liter.

Perlu diketahui, mobil ini dilengkapi teknologi terbaru Ford yaitu, fitur Ford Sync (koneksi suara ke audio dan ponsel), Active Park Assist (membantu pengemudi memarkir kendaraan), Active City Stop (rem otomatis saat darurat) serta Ford Power Start (starter mesin dengan tombol) dengan transmisi otomatis powershift.

Mobil dengan enam kecepatan dengan transmisi otomatis powershift ini memiliki kelengkapan keamanan seperti dual front airbags, side airbags dan curtain airbags. "Harga ada di rentang Rp 325 juta - Rp 377 juta," kata Bagus.

Daihatsu

Sejalan dengan perayaan ulang tahunnya ke-105 tahun ini, Daihatsu berencana memajang 15 unit kendaraan terbaiknya di IIMS 2012. Selain menghadirkan sang jagoannya Xenia, Daihatsu juga memajang mobil konsep juga mobil barunya, yakni Ayla, mobil hasil 'kawin silang' dengan Toyota.

Setidaknya ada lima unit Daihatsu Ayla yang akan menyapa pengunjung IIMS 2012. Kelima mobil Ayla itu memiliki warna berbeda, yakni hijau, merah, abu-abu, biru muda dan putih. Mobil ini memiliki grille lebar dengan 2 fog lamp. Di bagian belakang mobil ada tulisan 'Astra Daihatsu' di sisi kiri dan tulisan 'Ayla' pada sisi kanan.

Perlu diketahui, mobil ini diklaim sebagai mobil murah yang ramah lingkungan. Mobil inilah yang dipersiapkan Daihatsu untuk menghadapi pasar kendaraan low cost green car (LCGC) di Indonesia.

Karena ini merupakan mobil kolaborasi antara Daihatsu dan Toyota, maka Toyota juga memiliki kembaran produknya yang diberi nama Toyota Agya. Inilah kolaborasi ketiga antara Toyota dan Daihatsu, setelah Avanza-Xenia dan Rush-Terios.

City car dengan kapasitas maksimal 5 penumpang ini mengusung mesin 1.000 cc. Kabarnya, akan dibanderol di bawah Rp 100 juta.

Mitsubishi

Seperti sejawatnya dari Jepang lainnya, Mitsubishi tak mau kalah di ajang IIMS 2912. PT Krama Yudha Tiga Berlian selaku ATPM mobil Mitsubishi di Indonesia akan memajang Mitsubishi Mirage yang sudah di rilis beberapa hari sebelum IIMS 2012 digelar.

Mirage terjun di kelas mobil city car itu hadir di IIMS 2012 ditemani dengan saudaranya seperti Splash, Arena, Sporty dan Outlander Sport. Perlu diketahui, di Thailand, Mirage termasuk kendaraan murah dan ramah lingkungan (LCGC).

Mirage mengusung mesin 1193 cc, dengan tipe mesin 3A92 3 In Line 12 Valve DOHC MIVEC. Mirage dilengkapi 3 percepatan. Mobil ini tersedia dalam tiga tipe dengan rentang harga mulai dari Rp 139 juta sampai dengan Rp 165 juta.

Mirage dilengkapi kekuatan maksimal (satuan Horse Power) yakni 77 PS (Kw) / 6000 rpm. Maksimal Torque 10.2 Kgm (100Nm) / 4000 (NM)/rpm. Dengan kapasitas bensin 35 Liter.

General Motors (Chevrolet)

Produsen mobil asal Uwak Sam dengan koleksi Chevrolet ini akan menghadirkan tujuh varian di arena IIMS 2012. Kendaraan yang dipajang itu diantaranya; Colorado, Orlando, Aveo, Traiblazer, Captiva, Spark dan Curze.

Untuk melengkapi penasaran penggemar Chevrolet, GM berencana merilis produk baru itu saat IIMS 2012. Namun, sudah beredar kabar, Chevrolet akan memajang jenis segmen low multi purpose vehicle (MPV) yaitu, Chevrolet Spin.

Menurut GM Indonesia, Chevrolet Spin akan diproduksi di pabrikan GM di Pondok Unggu, Bekasi. Mobil inilah yang sedang persiapan untuk menantang pasar low MPV yang saat ini dirajai Toyota Avanza.

Nissan dan Infiniti

Sementara itu, Nissan Motor Indonesia (NMI) juga tak melewatkan pameran IIMS 2012. Nissan hadir di stan di Hall D. Nissan akan menghadirkan Infiniti F1 Show Car, all new Nissan Serena, Elgrand 2.5L, Nissan GTR R35 serta sebuah produk baru yang kabarnya adalah Juke berwarna merah.

Mazda

Tak mau ketinggalan dari ATPM Lainnya, Mazda dikabarkan memiliki MPV medium yaitu Biante yang akan dipersiapkan untuk menghadapi Toyota Camry Nissan Serena. MPV medium delapan tempat duduk ini ini dikenalkan pertama di Indonesia, setelah dihadirkan di Jepang.

Mercedes Benz

Sang legenda mobil mewah ini berencana meluncurkan delapan koleksi di ajang IIMS 2012. Dari delapan kendaraan itu, lima varian adalah varian yang sudah akrab di Indonesia, seperti Mercedes Benz 350, B200, S300, S250 dan S350. Setidaknya, Mercedes Benz akan memajang tiga unit mobil baru selama pameran IIMS 2012.

BMW

Mobil asal Eropa ini berencana memajang 10 sampai 15 unit kendaraan andalannya selama IIMS 2012. BMW akan memajang daftar varian miliknya, seperti Seri 1,3,5,6, Mini Cabrio dan Countryman juga dipastikan tidak akan absen dalam ajang pameran mobil terbesar di Indonesia. Tak mau ketinggalan sebuah line up baru akan dikenalkan perdana oleh BMW saat IIMS ke-20 nanti.

Audi

ATPM mobil premium ini juga tak mau melewatkan kesempatan untuk memajang produknya saat IIMS 2012. Audi akan memajang tujuh unit kendaraan andalan mereka, salah satunya adalah Audi A6 2.0 TFSI yang akan menjadi produk baru yang dirilis saat pameran

Tak ketinggalan, produk andalan Audi lainnya juga akan tampil pada IIMS 2012, seperti; Audi A4,A5, A6, A8 dan Audi seri Q3,Q5 dan Q7.

Geely

Produsen mobil asal China ini, bisa dibilang pendatang baru di IIMS 2012. Sejak hadir di Indonesia, ATPM merek mobil Geely baru sekali mengikuti IIMS yang berlangsung tahun lalu. Namun, tahun ini, produsen mobil China ini akan hadir dengan membawa beberapa produk terbarunya, termasuk jenis komersial. Diantaranya adalah; seri EC7 1.8L dan juga tipe TX4 2.4 AT.

Chrysler

Pada IIMS ke-20 tahun ini, Chrysler akan memajang 16 unit kendaraannya, mulai dari varian Jeep, Chrysler dan Dodge, dimana Dodge Charger Redline akan hadir sebagai andalan.

Tata Motors

Tata Motors merupakan produsen mobil paling bungsu yang beroperasi di Indonesia. Bahkan perusahaan asal India ini, sama sekali belum menjual produknya di Indonesia. Perusahaan yang terkenal dengan produk mobil termurah di India ini, ikut IIMS 2012 untuk tujuan branding.

Walaupun pendatang baru, Tata Motors tak mau dianggap remeh. Mereka menghadirkan 14 unit kendaraan selama pameran. " 14 kendaraan itu segmen penumpang dan juga komersial," kata Biswadev Sengupta, Presiden Direktur PT Tata Motors Indonesia.

Mobil yang akan dipajang Tata Motors itu diantaranya adalah; Tata Xenon, Tata Aria, Tata Indica Vista, Tata Venture, Tata Ace, serta mobil termurah di India yaitu Tata Nano. Untuk mobil komersial, Tata akan menghadirkan Tata Prima Tipper (truk) dan Tata Starbus CNG transmisi otomatis. Selain itu, Tata Motors juga memajang varian yang menggunakan bahan bakar gas (BBG).