Buffett dan yang spesial di hari ulang tahun ke-82

  |   28 August 2012   dibaca sebanyak 11106 kali

Buffett dan yang spesial di hari ulang tahun ke-82

OMAHA. Warren Buffett akan menginjak usia ke-82 pada 30 Agustus ini. Ia semakin tua, meski masih sangat tajam dalam memimpin perusahaannya, Berkshire Hathaway.

Walau ekonomi Amerika belum pulih, Berkshire masih dalam kondisi yang cukup prima. Kinerjanya di kuartal II lalu tetap stabil meski sedikit menurun. Laba bersihnya mencapai US$ 3,1 miliar, turun dari US$ 3,4 miliar setahun lalu. Sayang, perusahaan dengan 80 anak usaha ini menanggung rugi derivatif sebesar US$ 693 juta.

Buffett sendiri tak khawatir. Ia menyarankan investor melihat kinerja Berkshire di luar rugi derivatifnya. Ia bilang angka keuntungan atau kerugian derivatif bisa menyesatkan karena Berkshire jarang menjual investasinya.

Meski sihir Berkshire masih bekerja, Buffett mesti memikirkan satu masalah lagi. Ia harus segera menentukan penggantinya. Sudah beberapa tahun belakangan ini, topik tersebut pasti muncul, entah sebelum pertemuan tahunan Berkshire atau menjelang ulang tahun Buffett.

Tapi tahun ini, Buffett mau tak mau lebih serius memutuskannya. Sebab, kesehatannya sendiri menurun. Sejak Juli lalu, Buffett memulai perawatan pengobatan kanker prostat yang ia derita. Namun, beberapa nama calon sudah muncul seperti Ajit Jain, Matthew Rose, dan Todd Combs.

Sekarang beralih ke masalah yang tak terlalu serius. Apa yang biasanya dilakukan Buffett di hari ulang tahun?

Dari buku biografi The Snowball karangan Alice Schroeder, berikut petikan kisah-kisah istimewa ulang tahun Buffett.

Bagi Buffet, 30 Agustus merupakan perayaan dua hal sekaligus. Tak hanya ulang tahunnya, tapi juga ulang tahun pernikahannya dengan Astrid Menks. Menks adalah wanita yang sudah berpuluh tahun hidup bersamanya. Namun ia baru menikahi Menks setelah istri resminya, Susan Buffett, tutup usia. Tahun ini adalah ulang tahun pernikahan mereka yang ke-6.

Di hari ulang tahunnya, Buffett biasanya memberi hadiah kepada Susan. Ia memberi waktu 90 menit bagi Susan di sebuah toko untuk berkeliling dan mengambil apa saja yang ia inginkan. Menurut Schroeder, hadiah ulang tahun ini bagian dari kebiasaan Buffett menggunakan uang sebagai alat kontrol. Namun, Susan juga meyakinkan suaminya untuk memberi hadiah ke masing-masing anak mereka sebesar US$ 1 juta dalam lima tahun sekali pada ulang tahun mereka.

Pada HUT yang ke-75, kue ulang tahun Buffett berbentuk cake coklat putih yang menyerupai uang kertas US$ 100. Ia juga bermain ping pong melawan juara tenis meja berusia 9 tahun, Ariel Hsing. Buffett juga memanggil seorang pelukis untuk mengajari dirinya dan Bill Gates melukis pemandangan.

Ulang tahunnya ke-50 dirayakan dengan sebuah pesta resmi di New York Metropolitan Club. Buffett mengundang semua teman-teman kaya dan rekanannya. Kue ulang tahunnya cake berbentuk enam bungkus Pepsi. Waktu itu, Buffett masih menyukai Pepsi dan belum beralih ke Coca Cola.

Mencari Kami ?

Gedung Kontan
Jl. Kebayoran Lama No. 1119,
Jakarta 12210 - Indonesia
Moderator@kontan.co.id
Telp. Redaksi 021 535 7636 / 021 532 8134
Iklan 021 5367 9599 Ext. 6137

© Copyright 2012 - Kontan. All Rights Reserved.
kontan