Mengintip mobil-mobil baru di IIMS
Publish :18 September 2013 di lihat:9098 kaliJAKARTA. Perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 agaknya tak akan dilewatkan begitu saja oleh prinsipal mobil untuk memperkenalkan produk anyar. Pameran yang berlangsung di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran pada 19-29 September itu setidaknya menjadi arena adu produk baru atau produk jagoannya.
Diproyeksikan, prinsipal mobil akan memajang produk jagoannya saat pameran. Toyota misalnya, akan memajang 20 unit jagoannya di Toyota Booth, selain itu ada pula 5 unit di Commercial Booth, selain itu ada dua unit mobil konsep yang diperkenalkan ke publik.
"Special exhibit (mobil konsep) yang akan dihadirkan oleh itu Toyota ialah Fun Vii dan TS030 Hybrid Replica.," kata General Manager Corporate Planning & Public Relation PT TAM, Widyawati, Selasa (10/9).
Sementara itu, produk anyar Toyota yang akan tampil di panggung IIMS 2013, salah satunya adalah produk terbarunya, yakni Astra Toyota Agya, mobil low cost green car (LCGC) yang telah diluncurkan sebelumnya. Mobil yang pernah dipamerkan tahun lalu itu, kini resmi sudah bisa dipesan saat pameran IIMS2013.
Selain Agya, Toyota memiliki produk jagoan lain yang sudah tampil berubah penampilan. Di segmen medium MPV terdapat Kijang Innova Facelift, kemudian juga ada Rush Facelift dan Fortuner Facelift di segmen SUV.
Sementara itu, sama dengan saudaranya, Astra Daihatsu Motor (ADM) juga bakal memajang produk anyarnya yang baru dirilis Agustus lalu, yakni Astra Daihatsu Ayla. Mobil murah dari Daihatsu tersebut akan hadir di IIMS 2013 bersama dengan mobil konsep keluaran Daihatsu. Selain itu, Daihatsu juga memiliki produk hasil facelift terbaru, yakni Terios Facelift di segmen SUV.
Mobil Jepang lainnya yang akan memajang produk anyar di IIMS 2013 adalah Honda yang akan menghadirkan produk LCGC terbarunya, yakni Honda Brio Satya. Selain itu, Honda juga akan memperkenalkan calon produk low MPV mereka yang santer disebut Honda Brio MPV.
Sementara itu, Datsun, merek mobil lawas yang pernah jaya di Indonesia tahun 70-an akan menghadirkan dua jagoan barunya, di IIMS 2012, yakni Datsun GO di segmen kompak dan GO+ di segmen MPV.
Kedua unit mobil Datsun tersebut mengusung mesin serupa milik Nissan March, dengan kapasitas mesin 1.198 cc 3-silinder 76 dk. Mobil ini akan pamer di arena IIMS 2013 sebagai kendaraan LCGC dengan patokan harga yang ditetapkan pemerintah sebesar Rp 95 juta.
Sementara itu, si pendatang baru, yakni Tata Motors dipastikan memajang tiga unit perdananya di Indonesia, yakni Tata Aria di segmen MPV dan Tata Vista di segmen hatchback serta dan Tata Storme di segmen SUV.
“Mobil ini pembuktian komitmen kami untuk berekspansi di Indonesia, pasar yang memiliki potensi yang besar,” ungkap Biswadev Sengupta, President Director Tata Motor Indonesia (TMI) di Jakarta, (10/9). Ia menjelaskan, tiga produk tersebut memiliki perbedaan sesuai dengan kebutuhan konsumen di Indonesia.
Tak mau ketinggalan, General Motors pemilik merek Chevrolet akan memajang produk hasil dandan low MPV andalannya, Chevrolet Spin. Kendaraan tujuh penumpang dengan dua pilihan mesin ini akan hadir dengan penampilan berbeda. “Yang kami pajang yang telah didandani,” kata Maria Sidabutar, Direktur Public Relation PT GM Indonesia.
Selain Spin, Chevrolet akan memajang seluruh lini produk yang dimilikinya, seperti Captiva, Aveo, Orlando, Trailblazer. Tak hanya itu, Chevrolet juga akan memajang Camaro Hot Wheel selama pameran IIMS 2013.
Sementara itu, prinsipal asal Korea Selatan KIA akan meluncurkan sedan all new Optima di gelanggang IIMS 2013. Walaupun pasar sedan belakangan ini mulai tergerus, namun, pabrikan mobil asal Korea Selatan tetap punya percaya diri.
"Nanti bisa disaksikan keunggulan all New Kia Optima dan juga New Carens," terang Marketing Communication Manager KMI, Ridjal Muljadi di Jakarta. Untuk New Optima akan menyasar pasar medium high dengan mesin 2,4 liter.
Selain KIA, ada banyak merek mobil lainnya yang akan mengadu peruntungan dengan meluncurkan produk barunya. Beberapa merek mobil lainnya yang akan meluncurkan produk anyar saat IIMS 2013 itu adalah Ford, yang menghadirkan Fiesta hasil facelift.
Selain Itu merek mobil terkenal lainnya yang dikabarkan juga akan menghadirkan produk anyar mereka di IIIMS 2013, yakni; Suzuki, Mitsubishi, Mazda, Audi, Subaru, BMW serta MINI.
Mobil Low MPV tetap idola
Beragam mobil baru beraneka segmen akan meluncur di perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013, namun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yakin, pangsa mobil terbesar masih akan diraih oleh mobil berpenumpang atau low multi purpose vehicle (MPV).
“Low MPV itu banyak diminati karena sesuai dengan karakter masyarakata,” kata Sudirman Maman Rusdi, saat menggelar konferensi pers tentang pelaksanaan Indonesia International Motor Show 2013 Agustus lalu.
Merek mobil yang bertarung memperebutkan pasar low MPV, pangsa pasar terbesar itu adalah; Toyota Avanza, Suzuki Ertiga, Daihatsu Xenia, Nissan Evalia serta Chevrolet Spin. Tak lama lagi, Honda juga akan menghadirkan produk low MPV barunya itu di pasar gemuk ini.
Data penjualan mobil dari Gaikindo menyebutkan, kinerja penjualan mobil segmen low MPV Januari-Agustus 2013 tercatat 294.173 unit dengan pertumbuhan penjualan 15% dari realisasi waktu yang sama tahun 2012 sebanyak 255.686 unit.
Walaupun mobil low MPV masih jawara, namun kata Sudirman, mobil kompak kini sudah mulai dilirik konsumen. Apalagi, mobil murah atau low cost green car (LCGC) yang dikeluarkan produsen mobil juga mengusung mobil kompak.
Sejumlah prinsipal sudah merilis mobil LCGC kompak, seperti Astra Toyota Agya, Astra Daihatsu Ayla dan Honda Brio Satya. Jika produk LCGC itu sukses di pasar, tentu saja penjualan mobil di segmen kompak akan tumbuh lebih tinggi.
Periode Januari-Agustus 2013, pertumbuhan penjualan mobil kompak mencapai 16,7% dari 74.872 unit di periode Januari-Agustus 2012 menjadi 87.442 unit di waktu yang sama tahun ini. "Sekarang ada tren mobil kompak mengalami kenaikan walaupun masih di bawah low MPV," jelas Sudirman.
Peluang pangsa pasar mobil kompak ini diakui Ridjal Mulyadi, Marketing Communications PT Kia Mobil Indonesia. Menurutnya, penjualan mobil kompak akan terjadi di kota-kota padat, seperti Jakarta. “Sekarang orang butuh kendaraan lincah karena kondisi jalanan yang macet,” jelas Ridjal.