Liputan Khusus

Melirik Cantiknya Kerajinan Gerabah Plered

Kecamatan Plered sudah lama dikenal sebagai daerah penghasil gerabah atau keramik tradisional. Berbagai bentuk gerabah aneka fungsi seperti perabotan rumah tangga, pajangan hingga suvenir cantik ada di sini.

Mulai jelajah

Artikel Lipsus

Geliat Bisnis Industri Gerabah Plered

Perputaran bisnis sentra pembuatan gerabah di Desa Anjun, Plered bermula dari bisnis pengumpulan bahan baku, produksi hingga penjualan produk gerabah.

Artikel Liputan

Video Lipsus

Cerita Visual Bisnis Sentra Gerabah Plered

Gerabah-gerabah cantik yang dihasilkan dari sentra ini telah mampu menembus pasar ekspor hingga ke Eropa dan Amerika.

Video liputan

Selayang Pandang

Desa Anjun, Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat menjadi sentra industri keramik tradisional dan keramik fungsi & hias

_______________________

Perjalanan singkat kerajinan Gerabah Plered, Purwakarta

BISNIS kerajinan gerabah menjadi mata pencaharian warga Desa Anjun, Kecamatan Plered, Purwakarta, Jawa Barat. Plered menjadi pusat bahan baku, sentra produksi sekaligus penjualan gerabah.

Ketika memasuki sentra ini terlihat berbagai warna dan aneka bentuk gerabah di dalam hingga halaman kios-kios yang berjejer rapi di pinggir jalan. Keindahan warna-warni aneka gerabah ini mampu memanjakan mata pembeli yang datang ke sentra ini.

Selayang Pandang

Geliat Bisnis Industri Gerabah Plered

Kerajinan gerabah buatan warga Plered, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat sudah termasyur sejak lama. Banyak pesanan gerabah datang dari berbagai daerah di Indonesia hingga menembus pasar ekspor.

Aktivitas membuat kerajinan tanah liat di Kecamatan Plered ini telah berjalan secara turun temurun. Berada di wilayah selatan Kabupaten Purwakarta, industri gerabah khususnya yang tradisional dan keramik fungsi hias terletak di Desa Anjun.

Lebih detail

Saban bulan Asep bisa meraup omzet sekitar Rp 30 juta dari berjualan gerabah. Kapasitas produksinya sekitar 1.500-2.000 unit per bulan.

Lebih detail

Industri kerajinan gerabah di Desa Anjun, Plered, Purwakarta tidak hanya berisi perajin gerabah. Bisnis yang bergulir di industri ini juga termasuk pengolahan bahan baku dan juga penjualan produk jadi.

Lebih detail
Artikel

Video

Gerabah-gerabah cantik yang dihasilkan dari sentra ini telah mampu menembus pasar ekspor hingga ke Eropa dan Amerika.

Jejak Kerajinan Keramik di Plered, Purwakarta

Pembuatan keramik di Plered diperkirakan dimulai sejak tahun 1904. Saat ini ada sekitar 221 unit usaha berskala mikro dan kecil yang menyerap sekitar 3.000 tenaga kerja di sentra keramik Plered ini.

Proses Pembuatan Keramik Khas Plered

Warna gerabah yang di produksi di Plered memiliki ciri khas berwarna terakota. Jika Anda berkunjung langsung ke sentra produksi gerabah ini, Anda bisa menyaksikan langsung proses pembuatan gerabah di workshop para perajin yang tersebar di Desa Anjun.
Video