Silakan Tunggu...

Video Berlian

Cerita sebenarnya Dibalik pembuatan berlian

Berapa sulitkah untuk mengubah sebuah berlian dari mentah hingga siap jual? Semua pertanyaan tersebut akan dijawab melalui reportase dibawah ini, cari tahu cara membuat berlian yang belum pernah diketahui sebelumnya.

Atraksi Wisata Permata di Bandung

Tak habis-habisnya Bandung menyajikan pengalaman berwisata, di kota Paris Van Java ini ada saja atraksi baru siap memenuhi rasa dahaga para pelancong dari seluruh penjuru negeri.

Lihat Video

Menengok Pembuatan Berian

Diamonds are forever, berlian adalah abadi begitu orang menyebut batuan berharga ini keelokan dan nilainya yang tinggi membuat berlian memiliki nilai dan gengsi tersendiri

Lihat Video

Tips Membeli Berlian

Siapa tak suka berlian ? Pendar cahaya kilaunya begitu memikat. Tidak hanya cantik nilai jualnya yang sangat tinggi membuat berlian menjadi dambaan banyak orang.

Lihat Video

Empat Faktor

Yang menentukan kualitas sebuah berlian

+
X
Orang Romawai dan Yunani kuno percaya berlian merupakan air mata tangis para dewa/dewi atau serpihan bintang jatuh. Orang Romawai juga menyakini anak pana Cupid (dewa cinta) ujungnya menggunakan berlian
+
X
Berlian diperkirakan sudah ada sejak miliaran tahun lalu, dan beberapa menyebutkan sekitar tiga miliar tahun lalu lamanya.
+
X
Berlian terbentuk sekitar 100 km di bawah tanah dan menuju permukaan tanah terbawa letusan gunung berapi.
+
X
Berlian terbentuk dari elemen unsur tunggal yang hampir 100% karbon.
+
X
Kata berlian (diamond) berasal dari kata Yunani yakni Adamas artinya tidak bisa dihancurkan atau dikalahkan. Kekerasan berlian yang tertinggi dalam skala mohs (skala kekerasan permata).
+
X
Berlian memiliki kemampuan menggires kaca. Berlian adalah bahan alami yang sulit tergores.
+
X
Pada abad pertama Masehi, Romawi Pliny, seorang naturalis mengatakan berlian (diamond) adalah paling berharga, tidak hanya batu muli, tetapi segala sesuatu yang ada di dunia.
+
X
Dalam kebudayaan Hindu Kuno, berlian dipakai untuk mata patung dewa/dewi dan dipercaya berlian bisa melindungi pemakainya dari bahaya.
+
X
Banyak kebudayaan kuno percaya berlian memberikan kekuatan dan keberanian pemakainya selama bertempur. Kala itu, beberapa raja mengenakan berlian pada baju perang mereka.
+
X
Berlian juga diyakini bisa menyembuhkan penyakit pada abad pertengahan.
+
X
India adalah sumber asli berlian dunia, pada tahun 1400-1n berlian India mulai dijual ke Venesia dan pusat perdagangan Eropa lainnya. Tahun 1700-1n, pasokan berlian India menurun dan india menjadi penghasil Berlian dunia sampai akhir 1800-an di mana saat cadangan berlian besar ditemukan di Afrika Selatan. Kini, berlian ditambang dibanyak belahan dunia seperti Kanada, Botswana, Namibia, dan Rusia.
+
X
Berlian Cullinan merupakan yang terbesar dengan berat 3106 karat. Ditemukan pada tahun 1905 di Afrika Selatan. The Cullinan akhirnya dipotong menjadi sembilan berlian besar dan 100 yang lebih kecil, dan tiga terbesar dipamerkan di Tower of London sebagai bagian dari permata mahkota.
+
X
Berlian pertama dipakai untuk perhiasan cincin pertunan pada 1477. Saat Archduke Maxmillian dari Austria memberi Maria dari Burgundy sebuah cinci emas yang menampilkan huruf M dari berlian.
+
X
Saat ini para ilmuwan berhasil membuat berlian sintetis. Dengan struktur kimia yang identik dan sifat fiksi dengan berlian hasil tambang. Bahkan, gemologis profesional sulit membedakan tanpa pengujian dengan peralatan khusus.
+
X
Pada tahun 2004, para ilmuwan menyakini telah menemukan sebuah planet yang dipercaya terdiri dari karbin dan sepertiganya berlian murni. Planet ini mengorbit pada bintang terdekat Bima Sakti dan diberi nama 55 Cancrie.

Bentuk & Karat Berlian

Ketika memilih berlian, prioritas pertama biasanya memilih bentuk. Pelajari tentang putaran gemerlap berlian seperti berlian dengan bentuk mewah seperti putri, zambrud, dan oval. Setiap bentuk berlian memiliki karakteristik sendiri yang unik dan dipotong dengan spesifikasi yang berbeda, berdampak pada keseluruhan tampilan batu. Sejauh ini, berlian bulat adalah pilihan paling poluler.