Artikel

Adu kuat APM lewat produk anyar

Adu kuat APM lewat produk anyar
26 Aug 2015 Barratut Taqiyyah

JAKARTA. Perekonomian Indonesia masih belum menunjukkan sinyal menggembirakan pada paruh pertama 2015. Tengok saja, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pada kuartal II 2015, ekonomi Tanah Air hanya mampu tumbuh sebesar 4,76%. Angka tersebut melambat dari periode yang sama tahun lalu sebesar 5,12% dan kuartal I 2015 dengan pertumbuhan 4,71%.

Melambatnya perekonomian tentunya berdampak pada banyak hal. Yang paling nyata, daya beli masyarakat juga ikut tergerus. Di sektor otomotif, turunnya daya beli masyarakat sudah terasa sejak awal tahun ini. Itu sebabnya, agen pemegang merek (APM) mengeluarkan jurus-jurus ampuh untuk mendongkrak kembali tingkat penjualan mereka.

Strategi utama yang mereka jalankan adalah meluncurkan produk-produk unggulan. Nah, di ajang Indonesia International Motor Show 2015 dan Gaikindo Indonesia International Auto Show 2015, APM adu kekuatan lewat produk anyar mereka. Silakan simak rangkumannya.

-          PT Ford Motor Indonesia

PT Ford Motor Indonesia memperkenalkan tiga produk baru mereka sekaligus. Yakni, New Ford Ranger, New Ford Focus, dan All-New Everest. Menurut Bagus Sutanto, Managing Director PT Ford Indonesia, lewat tiga produk tersebut, Ford ingin terus meningkatkan portfolio produk mereka di Indonesia. “Setiap kendaraan Ford global kami, dikembangkan untuk menjadi yang terbaik di kelasnya baik dari segi disain, kualitas, ekonomi bahan bakar, dan keselamatan. Selain itu, teknologi yang disematkan juga terpintar dan tercanggih,” jelas Bagus.

New Ford Ranger:

Ini merupakan produk anyar Ford di segmen truk pickup. Perubahan atas Ranger terlihat dari disain eksterior yang lebih modern dan tangguh. Ada sejumlah keunggulan yang ditawarkan oleh produk ini. Salah satunya, mampu mengarungi air hingga kedalaman 800 mm. Selain itu, dengan ground clearance setinggi 220 mm, Ranger dirancang untuk menangani medan ekstrem dengan mudah.

Ranger dipasarkan dengan dua varian mesin. Pertama, mesin diesel 3,2 liter Duratorq TDC lima-silinder yang mampu memberikan tenaga 200 PS dan torsi 470 Nm yang sudah terbukti secara global. Kedua, mesin diesel 2,2 liter Duratorq TDCi empat-silinder dengan tenaga 150 PS dan torsi 375 Nm.

Dari sisi harga, Ford mematok harga Ranger di kisaran Rp 314,800 juta (termurah) hingga Rp 488 juta (termahal), tergantung spesifikasinya.

New Ford Focus:

New Ford Focus hadir dengan wajah baru di mana mobil ini memiliki kuda-kuda lebih rendah dan lebih lebar. Hal ini semakin memberikan kesan yang lebih berani. Focus juga mengadopsi eksterior dan interior yang anggun dan modern. Mobil ini juga mengadopsi sejumlah teknologi canggih yang membantu pengemudi tetap terhubung dan selalu dalam kendali.

Keunggulan lainnya, New Focus dilengkapi dengan enhanced active park assist pertama di kelasnya. Setelah diaktifkan, sistem ini akan mencari ruang parkir yang tersedia di antara mobil-mobil lain. Pada saat menemukan lahan parkir, sistem ini akan mengambil kendali mobil untuk membimbing kendaraan masuk ke dalam lahan parkir. Sedangkan pengemudi hanya perlu mengendalikan pergantian perseneling, rem, dan gas.

Selain itu, New Focus akan tersedia dengan varian mesin 1,5 liter EcoBoost yang bertenaga dan efisien. Harga produk ini dibanderol dengan kisaran Rp 403 juta hingga Rp 485 juta.

All-new Ford Everest

Produk All-new Ford Everest diluncurkan Ford bagi penggemar SUV off-road. Itu sebabnya, All-new Everest dilengkapi dengan teknologi canggih yang membuat SUV tujuh penumpang ini menjadi salah satu kendaraan terpintar di segmennya.

Teknologi canggih yang sudah ditanamkan antara lain SYNC 2, yang memungkinkan pengemudi menggunakan perintah suara natural untuk mengontrol sistem hiburan mobil, kontrol iklim dan menghubungkan peranti mobile lebih mudah dari sebelumnya. Teknologi lainnya adalah curve control, yang dirancang untuk membantu pengemudi mempertahankan kontrol ketika mendekati tikungan dengan kecepatan tinggi.

Produk ini ditawarkan dengan kisaran harga Rp 560 juta hingga Rp 634 juta.

-          Honda Prospect Motor (HPM)

PT Honda Prospect Motor (HPM) terbilang gencar mengeluarkan produk baru dengan tujuan menjaga kinerja penjualan mobil yang positif tahun ini. Teranyar, HPM akan memproduksi Honda BR-V mulai Januari 2016. Honda BR-V merupakan mobil crossover antara Multi Purpose Vehicle (MPV) dan juga Sport Utility Vehicle (SUV).

Honda merancang Honda BR-V untuk pasar Asia oleh Honda R&D Asia Pacific Co Ltd di Thailand dan R&D Honda Indonesia. Mobil bertempat duduk tujuh penumpang ini menggunakan mesin yang serupa dengan mesin Jazz, Mobilio, dan Freed yang dinamakan 1.500 cc i-VTEC. Menurut kabar yang beredar, BR-V akan didukung transmisi jenis CVT dan manual 6-percepatan.

Selain itu, diharapkan mobil andalan baru Honda ini bisa mengisi segmen pasar mobil di kisaran harga Rp 200 juta hingga Rp 260 juta per unit.

-          PT Nissan Motor Indonesia

Nissan New X-Trail

PT Nissan Motor Indonesia merilis Nissan New X-Trail Ultimate versi limited edition. Kali ini, Nissan X-Trail tampil semakin sporty dan stylish dengan penambahan sejumlah aksesoris genuine parts pada model X-Trail 2,5 CVT. Jika Anda berminat, sebaiknya cepat-cepat. Sebab, produk ini hanya diproduksi terbatas yakni sebanyak 86 unit.

Produk ini akan dilengkapi dengan New Head Unit HD touch screen 8 inch yang dilengkapi dengan fitur DVD, sistem navigasi, dan Bluetooth.

Ada empat pilihan warna yang tersedia, yakni Phantom Black, Grey Metallic, Floral White, dan Bronze. Nissan mematok harga produk anyarnya ini senilai Rp 457,100 juta (OTR Jakarta).

Datsun GO+ Panca T-Style

Datsun GO+ Panca T-Style menjadi varian tertinggi Datsun saat ini. Produk ini sudah dilengkapi dengan aero kit yang modern seperti front skirt, rear skirt, dan side skirt. Varian ini juga varian Datsun lainnya sudah dilengkapi dengan driver’s airbag dan dibanderol dengan harga Rp 115 juta (OTR Jakarta).

-          Kia Mobil Indonesia

Kia Mobil Indonesia memperkenalkan tiga produk baru sekaligus, yakni Kia New Rio Platinum pada kelas hatchback. Peluncuran ini merupakan yang perdana di Indonesia.

Kia New Rio Platinum tampil dengan penyempurnaan tampilan eksterior dan interior serta fitur-fitur yang stylish dan sporty. Debut pertama mobil ini dilakukan pada ajang Paris Motor Show 2014 pada tahun lalu. Mobil ini telah dilengkapi dengan lampu DRL (Daytime Running Light) dan disain baru pada velg 17”.

Bicara mengenai mesin, mobil ini menggunakan mesin CVVT DOHC yang dapat menghasilkan tenaga maksimal 107 ps pada 6.300 rpm dan torsi maksimal 13,8 kgm pada 4.200 rpm.