Ini cara baru diler mobil berjualan

Oleh: Asnil Bambani Amri, Melati Amaya Dori   |   19 September 2012   dibaca sebanyak 6930 kali

JAKARTA. Perhelatan terbesar industri otomotif Indonesia, yakni International Indonesia Motor Show (IIMS) 2012 sudah depan mata. Seperti biasa, pameran mobil terbesar Indonesia itu bakal menjadi ajang kompetisi bagi Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) untuk memperkenalkan produk, termasuk menggenjot penjualannya.

Untuk mendulang pembeli, tentu tak cukup bagi industri mobil hanya sekadar pameran lewat IIMS saja. Berbagai cara tetap mereka lakukan agar penjualan mobil bisa perkasa. Dari sekian banyak strategi penjualan yang dilakukan, strategi penjualan konvensional seperti tawaran diskon, lucky draw, promosi di media massa hingga pembelian berhadiah langsung tetap akan dipertahankan pelaku industri ini.

Namun begitu, ada beberapa strategi penjualan lain yang mulai digencarkan ATPM. Mulai dengan cara membangun citra merek kepada konsumen sedari dini, hingga melakukan edukasi produk kepada komunitas-komunitas dan masyarakat secara langsung maupun tidak langsung.

Salah satu cara yang dilakukan untuk mengedukasi produk itu dilakukan melalui situs jaringan internet dengan memanfaatkan situs jejaring sosial seperti, Facebook dan Twitter.

Daihatsu jaring pasar dengan situs jejaring

Hasil penelusuran KONTAN, hampir semua merek otomotif yang beredar di Indonesia sudah memiliki akun di situs jejaring sosial. Namun, baru Daihatsu yang mengelola jejaring sosial itu dengan maksimal.

Selain menggalang pengikut di Twitter maupun di Facebook, Daihatsu membuat situs interaktif dengan meluncurkan solusisahabat.com. Di situs itulah, tim marketing Daihatsu berinteraksi dengan pelanggan maupun calon pelanggan.

Melalui situs itu juga, Daihatsu membangun merek yang lebih baik di mata publik. Selain membuka komunikasi, situs solusisahabat.com juga menyediakan konsultasi, informasi tentang produk, bahkan informasi jual beli produk otomotif. Selain itu, juga menyediakan permainan.

Untuk meningkatkan keaktifan anggota forum. Daihatsu tak segan-segan memberikan apresiasi kepada members berupa point reward yang bisa ditukar hadiah menarik. Sejak diluncurkan awal Agustus lalu, tercatat sampai pertengahan September ada 1.433 threads, 11.038 posting dan 965 member.

Ada mobil gratis dari Ford

Walaupun masih menggunakan situs jejaring sosial, namun ATPM asal negara Uwak Sam ini menggunakan konsep yang berbeda dalam membangun merek lewat situs jejaring sosial. Ford mengkampanyekan produk dengan cara menggelar lomba parkir, dengan iming-iming satu buah mobil all new Focus.

Caranya, peserta lomba wajib memiliki akun jejaring sosial, baik Twitter, Youtube atau Facebook. Lewat akun pribadi itulah, peserta lomba memarkir kendaraan Ford Focus menampilkan pengalamannya memarkir Ford Focus yang menawarkan teknologi baru bernama park assistant.

 

Teknologi ini memungkinkan pengemudi parkir paralel tanpa memegang stir, cukup mengendalikan gas dan rem. "Selanjutnya biarkan komputer yang bekerja mengarahkan roda mencari posisi parkir yang ideal secara paralel," kata Bagus Susanto, Managing Director FMI di Jakarta.

Lantas, apa yang dilombakan? Nah, video peserta yang ikut program ini akan di unduh lewat Youtube, kemudian akan link video itu akan ditampilkan peserta di Facebook, Twitter, dan Youtube. "Vote dan view terbanyak akan masuk finalis, yang salah satunya nanti berhak bawa pulang All New Ford Focus," jelas Bagus.

Menurut Bagus, strategi baru yang dilakukan Ford ini akan menyasar kelas menengah yang saat ini sudah akrab dengan situs jejaring sosial. "Rata-rata, kelas menengah di Indonesia sudah akrab jejaring sosial lewat perangkat yang canggih. Dan cara ini efektif memperkenalkan produk kepada mereka," jelas Bagus.

Program ini menurut Bagus, pernah menyukseskan All New Ford Ranger di pasar Indonesia. Sebab, program yang hampir serupa pernah dilakukan untuk all new Ranger bulan April lalu. "Program serupa pernah kami lakukan dan ternyata sukses," kata Bagus.

Berdasarkan data Gaikindo, selama dua bulan saja, yakni Juni dan Juli, All New Ford Ranger bisa sebanyak 1.339 unit. Ford berharap, kesuksesan penjualan Ranger bisa terulang kembali untuk All New Focus yang akan diluncurkan dalam event IIMS 2012.

Tak hanya itu, Ford juga meluncurkan Kredit Kendaraan Bermotor dengan bunga 0% dengan tenor satu tahun untuk pembelian All-New Fiesta. Selain bunga nol persen, Ford juga bikin gratis biaya administrasi saat pembelian.

Tak cukup sampai disana, Ford juga menggelar event Ford Xtraordinary Event bulan Maret lalu dengan menyediakan hadiah langsung berupa 10 iPhone 4S, 10 Canon G12, 10 iPod Touch dan iPad 32 GB WiFi.

Servis gratis lebih lama ala KIA

Tak mau ketinggalan dengan strategi pemasaran dari produsen mobil Jepang dan Amerika Serikat (AS), KIA selaku produsen mobil asal Korea Selatan juga punya jurus untuk memikat pelanggan membeli produknya.

Jurus dari KIA itu adalah, menyediakan layanan after sales service berupa fasilitas garansi dan service lebih lama, sampai 5 tahun atau maksimum jarak tempuh 150.000 km. Program ini cukup berani, mengingat banyak produsen mobil hanya berani menawarkan servis gratis 3 atau 4 tahun atau dengan jarak tempuh maksimal 50.000 km sampai 100.000 km.

"Di Korea, layanan garansi layanan servis gratis kami sudah sampai 10 tahun, dan di Amerika Serikat (AS) bisa sampai seumur hidup," kata Ridjal Mulyadi, Marketing Communication Manager, PT KIA Mobil Indonesia kepada KONTAN di Jakarta (6/9).

Strategi yang hampir mirip dilakukan oleh PT Honda Prospect Motor, ATPM merek Honda di Indonesia. Bulan Ramadan lalu, Honda meluncurkan program "Honda Extra Care – Extended Warranty" yang memberikan opsi konsumen memperpanjang masa garansi mobil hingga lima tahun atau 140.000 km.

Melalui program ini, konsumen memilih paket perpanjangan garansi tambahan 1 tahun / 20.000 km atau 2 tahun / 40.000 km. "Program ini untuk memberikan proteksi lengkap dan mencegah risiko pengeluaran yang tidak terduga setelah masa garansi normal berakhir (3 tahun atau 100.000 km)," Tomoki Uchida, President Director PT HPM.

Namun, untuk memperpanjang masa garansi mobil tersebut, pelanggan Honda harus mengeluarkan dana ekstra dengan cara membeli program Honda Extra Care tersebut dengan harga mulai dari Rp.1,5 juta sampai dengan Rp. 7,2 juta, tergantung merek mobil.