Loading
Mencicipi manisnya es krim legendaris Surabaya

Mencicipi manisnya es krim legendaris Surabaya

SURABAYA. Penggemar es krim pasti sudah tidak asing saat mendengar nama Zangrandi. Ya, Zangrandi merupakan es krim legendaris di Surabaya sekaligus menjadi salah satu tempat makan es krim tertua di tanah air.

Gerai es krim Zangrandin berada tidak jauh dari kantor Gubernur Jawa Timur, tepatnya di Jalan Yos Sudarso No.15, Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya. 

Seperti julukannya, Zangrandi menawarkan beragam menu es krim jadul ala Italia dengan mempertahankan rasa otentik es krim kuno yang legit. 

Gerai es krim ini menawarkan belasan hingga puluhan menu es krim jadul dan kekinian. Salah satu menu legendaris yang jadi andalannya adalah Macedonia yakni satu scoop es krim disiram rum yang ditempatkan dalam gelas berkaki rendah.

Saat meluncur ke dalam mulut, rasa dingin yang pertama kali terasa kemudian disusul dengan rasa manis es krim bercampur dengan rum menjadikan rasa es krim ini lebih nikmat.

Sedangkan, untuk menu kekinian yang jadi rekomendasi Zangrandi adalah banana split. Penampilan dan ukuran menu ini berbeda dari menu sebelumnya. 

Dalam satu porsi banana split terdapat tiga scoop es krim dengan tambahan satu buah pisang yang dibelah menjadi dua, taburan kacang dan cokelat cair di atasnya. Ada satu buah ceri merah dan astor sebagai pemanisnya. 

Bicara tentang rasa, es krim ini tidak terlalu manis sehingga pas saat dipadukan dengan cokelat cair. Buah pisang dan ceri sebagai pelengkap menambah segar dan nikmat. 

Untuk harganya, es krim Zangrandi membanderol harga setiap menunya mulai dari Rp 20.000 sampai Rp 45.000.

Lainnya, gerai es krim ini juga melengkapi menunya dengan aneka jajanan jadul seperti rissoles, pizza, dan lainnya.  

Masih kental suasana kolonial 

Zangrandi tidak hanya memanjakan konsumennya lewat berbagai menu es krim jadul tapi juga melalui suasana gerai.

Gerai es krim yang berada di jantung kota Surabaya ini menempati bangunan aslinya yang dilakukan revitalisasi tanpa menghilangkan kesan otentik bangunan. 

Untuk menambah kesan klasik, area depan di isi dengan kursi-kursi yang terbuat dari rotan. Lantainya pun menggunakan desain-desain tempo dulu. Masuk ke dalam, pengunjung seolah diajak bernostalgia lewat foto-foto zaman dulu yang memenuhi dinding.

Dikutip dari Kompas.com gerai es krim Zangrandi ini didirikan oleh Roberto Zangrandi, laki-laki berkebangsaan Italia pada tahun 1930. Resep-resep es krim di sana dibuat oleh sang istri.

Sejak saat itu, Zangrandi menjadi gerai es krim pionir di Surabaya. Sekitar tahun 1960, usaha ini dibeli oleh Aditanumulia, pengusaha winery. Setelah pergantian kepemilikan tersebut, menu-menu Zangrandi diberikan sentuhan baru khas Indonesia.