Tips Memilih Emas

Menghitung harga satuan dinar emas

Bingung bagaimana harga satu koin dinar emas ditetapkan? Apakah mengacu dengan harga emas internasional? Jika iya, patokan harga emas internasional adalah 24 karat. Sementara, dinar emas 22 karat. Bagaimana perhitungannya? Muhaimin Iqbal, pemilik situs www.geraidinar.com menjelaskannya untuk Anda.

Karat itu menunjukkan persentase kandungan emas saja. Sehingga, 24 karat setara dengan 99,99% 22 karat atau setara dengan 22/24 x 99,99% atau 91,7 %. Hal ini juga berlaku pada penentuan harga dinar. Dengan kata lain, harga emas 22 karat adalah 22/24 kali harga emas 24 karat. Ini semua di luar ongkos cetak.

Dengan demikian, penentuan harga dinar emas juga mengikuti pergerakan harga emas internasional.

Menghitung konversi harga emas ke gram

Pergerakan harga emas dalam negeri juga mengikuti harga emas internasional. Nah, untuk menentukan harga emas di dalam negeri, sebelumnya Anda harus melihat informasi harga emas dalam troy ounce. Selain itu, pantau juga posisi rupiah terhadap US$ pada saat itu.

Jika semua informasi di atas sudah Anda kantongi, barulah Anda bisa mengonversikan harga emas ke dalam gram. Yang perlu dicatat, 1 troy ounce setara dengan 31,105 gram.

Ilustrasi berikut akan mempermudah Anda untuk memahami perhitungan emas. Misalnya saja, harga emas internasional adalah US$ 1.200 per troy ounce. Sementara, nilai tukar rupiah berada di posisi Rp 9.000. Maka perhitungannya adalah:

Harga emas per gram dalam US$= US$ 1.200/31,105 = US$ 38,58

Harga emas per gram dalam rupiah = US$ 38,58 x 9.000 = Rp 347.211 per gram

Mengenal emas asli atau palsu

Bagi yang awam mengenai emas, tentu sulit membedakan mana emas asli atau palsu. Terkait hal itu, ada beberapa istilah yang harus diketahui terlebih dulu. Pertama adalah kadar emas. Kadar merupakan tingkat keaslian emas, atau jumlah kandungan kemurnian emas. Kedua adalah karat. Karat sendiri merupakan satuan dari kadar emas.

Sebagai contoh, kadar 24 karat dinyatakan sebagai emas murni. Jadi emas kadar 23 karat berarti tingkat kemurniannya adalah 23/24 X 100% atau sekitar 95,8%. Seperti dikutip dari www.klub1milyar.com, ada beberapa metode untuk mengetahui kadar emas.

1. Dengan uji gosok pada batu, kemudian ditetesi zat kimia. Biasanya, air uji yang digunakan adalah asam nitrat, asam klorida, dan campuran keduanya yang disebut air raja.

2. Pengujian dengan gold tester, yaitu alat yang dapat mendeteksi karat dengan cara menempelkan ujung jarumnya ke perhiasan. Alat ini mudah digunakan namun tidak bisa mendeteksi bagian dalamnya.

3. Pengujian dengan berat jenis karena setiap benda mempunyai berat jenis atau SG (specific gravity). Emas dapat dengan mudah dikenali dengan mencari berat jenisnya. Berat jenis adalah masa zat itu dibagi volumenya.