Silakan Tunggu...

Ini bedanya berlian asli dan palsu

  • Yudho Winarto

SALAH satu pertanyaan paling umum yang gemologists (ahli batu permata) diminta adalah bagaimana membedakan antara berlian asli dan batu palsu. Entah itu perhiasan turun-temurun atau batu yang Anda beli pada acara garage sale.

Tapi sebenarnya ada beberapa tes sederhana untuk mengetahui berlian yang Anda miliki benar-benar asli atau bukan. Mungkin sebuah keberuntungan kecil menghampiri Anda, saat kalung yang Anda miliki dianggap murah ternyata berlian asli.

Berikut cara sederhana membedakan berlian asli atau palsu sebagaimana dilansir dari Business Insider:

1. Gunakan kaca pembesar untuk melihat berlian Anda

Dengan kaca pembesar, carilah ketidaksempurnaan berlian mulai sisi tepi, pemasangan batu pada perhiasan dan lain-lain. Ini bisa menjadi bukti bahwa berlian Anda memiliki kualitas yang baik.

2. Gosok berlian Anda dengan menggunakan amplas

Ini cara yang paling mudah untuk menguji berlian asli atau palsu. “Cara tradisional paling bagus itu diamplas saja karena diamond itu tidak mempan di amplas itu tidak akan tergores walau serambut pun tidak tergores karena kekerasannya 10 skala MOS,” kata Marketing Manager Indo Wisata Permata Roy Anton Chandra.

3. Lakukan tes embun

Letakkan berlian di depan mulut Anda dan embuskan embun nafas ke arah berlian seperti mengembus cermin. Jika embunnya bertahan selama beberapa detik, kemungkinan palsu. Sedangkan, berlian asli segera mendispersikan panas dari napas Anda dan tidak mudah berembun.

4.  Cek kilau berlian dalam cahaya

Berlian memiliki pantulan cahaya yang unik. Batu berlian akan berkilau abu-abu dan putih, sementara batu permata lainnya akan mencerminkan warna pelangi. Sebuah berlian palsu akan memiliki warna pelangi yang bisa Anda lihat dalam berlian.

5. Perhatikan refractivity (keterbiasan) berlian

Berlian membelokkan, alias membiaskan cahaya yang melaluinya, alhasil penampilannya sangat terang. Batuan seperti kaca dan kuarsa kilauannya tidak seterang itu karena memiliki indeks keterbiasan yang lebih rendah.

Kilauan batuan itu sulit diubah bagaimana pun caranya, dengan potongan yang ahli sekali pun, karena hal tersebut merupakan sifat yang tetap pada batuan itu. Dengan memperhatikan sifat keterbiasan berlian dengan teliti, Anda seharusnya bisa mengetahui apakah berlian itu asli atau palsu.

Berikut ini beberapa cara untuk melakukannya:

Cara koran: Telungkupkan berliannya dan letakkan di atas kertas koran. Jika Anda dapat membaca tulisan koran, atau bahkan melihat garis-garis hitam yang terdistorsi sekali pun, maka kemungkinan itu bukan berlian asli. Berlian akan membelokkan cahayanya sedemikian tajamnya sampai-sampai Anda tidak dapat melihat tulisannya. (Ada beberapa pengecualian sedikit: jika potongannya tidak proporsional, tulisan cetaknya masih bisa tampak menembus berlian asli.)

Uji titik: Gambar sebuah titik dengan pena di selembar kertas putih dan letakkan berlian di atas pusat titik itu. Lihat lurus ke arah berlian. Jika berlian Anda tidak asli, Anda akan melihat pantulan lingkaran di batu itu. Anda tidak akan bisa melihat titik itu melalui berlian asli.